Pengertian Diseminasi

Pengertian Diseminasi
KALI ini CB Blogger tidak berbagi tentang blogging seperti biasanya, tapi tentang pengertian kata diseminasi (kadang ditulis: desiminasi). Kata diseminasi tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Akibatnya, banyak orang yang "bingung" apa makna atau arti diseminasi.

Mari kita merujuk ke asal katan diseminasi, yaitu dalam bahasa Inggris: dessemination. Menurut Kamus Bahasa Inggris:
dissemination kb. 1 penyebaran (of information). 2 penebaran, pertebaran, penaburan (of seed).
dis·sem·i·na·tion (diˌseməˈnāSHən) noun 1. the act of spreading something, esp. information, widely; circulation. "dissemination of public information"
Intinya, diseminasi adalah penyebarluasan informasi. Kata kerjanya, dalam bahasa Inggris, adalah, disseminate, yang artinya menyebarluaskan atau menyebarkan, misalnya dalam kalimat "The Internet allows us to disseminate information faster" (Merriam-Webster Dictionary).

Lalu, kenapa harus menggunakan kata diseminasi? Kenapa tidak menggunakan kata "penyebarluasan" atau "penyebaran" saja yang lebih "Indonesia"?

Kata diseminasi memang jarang digunakan dalam percakapan atau penulisan sehari-hari. Kata diseminasi lebih banyak digunakan atau menjadi "jargon" di kalangan akademis (perguruan tinggi), misalnya "diseminasi hasil penelitian", atau di kalangan instansi pemerintah (birokrasi), misalnya "diseminasi hasil pelatihan", yakni menyebarkan hasil atau materi pelatihan kepada pegawai/karyawan lain.

Diseminasi secara khusus diartikan sebagai penyebarluasan informasi, doktrin, pemikiran, kebijakan, dan hasil penelitian.

Ada juga yang mendefinikan diseminasi sebagai "suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut." (CB Blogger).*

1 komentar:

Yuk gabung segera di agen poker terbaik dan terpercaya ^_^ dan tidak ketinggalan juga loh banyak bonus di http://bendera99.tk/.
Nikmati berbagai keuntungan bermain di http://bendera99.tk/ !!!
BONUS EXTRA TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu Dan Sabtu
* Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!
* Minimal deposit/withdraw hanya "15.000"
* Game bisa dimainkan via HP Android/Iphone IOS
* Menyediakan 7 Game : Bandar Q - Bandar Poker - Adu Q - Domino QQ -Poker - Capsa Susun - Sakong (New)
* Pelayanan CS 24/7 Untuk Melayani Member Deposit/WD Serta Keluhan-Keluhan Member lho.
Info Lengkap Hubungi :
* Link Alternatif : http://bendera99.tk/
* Pin BBM : D1CD3A22
* Telepon/WA : +855.155.907.51
* YahooMail (YM) : cs.BenderaQQ
* Instagram : QQBendera
* Facebook : https://www.facebook.com/qqbendera/

***Terima Kasih Salam ALL IN***

Reply

Posting Komentar